Kamis, 22 Desember 2011

LOMBA Media Pembelajaran (MPP & SPM)

PEDOMAN LOMBA

I.         JENIS KATEGORI LOMBA
Jenis lomba yang dapat diikuti oleh peserta adalah dengan memilih salah satu dari dua jenis kategori lomba, yaitu:



1.      Media Presentasi Pembelajaran (MPP) untuk semester I dan III
Media Presentasi Pembelajaran (MPP) Adalah media bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran yang telah dikemas dalam kepingan CD atau format penyimpanan lainnya. Pada umumnya, guru berbagi dengan media jenis ini dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Media MPP ini ditampilkan menyerupai slide powerpoint, namun media ini dirancang mengikuti prinsip instruksional desain yang berisi pokok-pokok materi yang diajarkan, dengan dukungan konvergensi elemen multimedia (teks, grafis, animasi, suara dan video) sehingga  bahan-bahan ajar yang semula abstrak dapat disajikan lebih konkrit. Media ini dalam penggunaannya masih diperlukan improvisasi dari seorang guru dalam transformasi materi ke siswa, artinya media ini tidak dijalankan dengan mandiri tanpa kehadiran seorang guru. Namun penggunaan media masih dikontrol oleh guru dengan demikian guru berperan sebagai fasilitator. Media jenis MPP ini adalah media suplemen terhadap pengayaan  materi yang ada pada media cetak. Oleh karena itu Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain, perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP

2.      Software Pembelajaran Mandiri ( SPM) untuk semester V dan VII
Software Pembelajaran Mandiri adalah jenis media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan konvergensi elemen-elemen multimedia yang di bundling menjadi satu kesatuan unit yang secara khusus di rancang untuk kebutuhan pembelajaran. Umumnya media ini sering disebut dengan CD Interaktif. Pola penyampaian media jenis ini lebih cenderung ke pembelajaran  fleksibel atau siswa dapat menggunakan media ini secara mandiri (selft learning).

II.      BAHAN AJAR YANG DILOMBAKAN
Untuk masa kompetisi tahun 2010 bahan ajar yang dilombakan adalah Semua mata pelajaran SMP,SMA/K  dan Perguruan tinggi.
III.   KRETERIA PESERTA LOMBA
Kretaria peserta lomba adalah kreteria yang berlaku bagi peserta lomba pengembangan bahan ajar berbasis TIK sebagai berikut.
1.      Warga Negara Indonesia
2.      Bukan anggota penyelenggaraan lomba
3.      Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Undiksha

a.         Syarat Administrasi
1.      Peserta mengisi dan melengkapi formulir lomba
2.      Menyerahkan Fotocopy KTM
b.        Syarat Karya Media Pembelajaran
Umum
1.      Mencantumkan identitas media pembelajaran yang mencakup : Judul, sasaran kelas/semester, petunjuk penggunaan media/garis-garis besar instruksional media (GBIM) dan sajian materi
2.      Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu kompetensi dasar dari kelompok mata palajaran Sains (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) atau bidang studi/bidang keahlian pada program keahlian sekolah kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi.
3.      Karya yang menggunakan bahasa pemograman harus menyertakan source coce program
4.      Karya disajikan dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia baku
5.      Karya harus original (bukan bajakan/modifinasi dari produk yang sudah ada) baik adalam ide kreasi
6.      Karya belum pernah dinyatakan sebagai pemenang lomba sejenis
7.      Karya yang dikumpulkan  dikemas dalam kepingan CD dan harus  dapat dijalankan  (autorun) pada spesifikasi komputer yang standar
8.      Karya yang telah dikemas dalam bentuk CD dikumpulkan ke panitia rangkap 3 (tiga)

C.Khusus  MPP
1.      Bahan ajar berkategori Media Presentasi Pembelajaran (MPP) dikembangkan dengan menggabungkan, mensinergikan elemen-elemen multimedia seperti teks, suara, gambar, animasi dan video.
2.      Struktur karya MPP minimal dilengkapi dengan tampilan antar muka (GUI) dimana dalam tampilan antar muka ini terdapat Identitas Media, Judul, Kompetensi Dasar, Menu dan sub menu yang mengakses atau berhubungan dengan isi/materi yang disajikan.
3.      Setiap Isi/konten yang dipaparkan dalam media pembelajaran ini memuat tentang: Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Kompetensi (IK), Tujuan Pembelajaran (TP), Materi Utama, materi tambahan, latihan, rangkuman, soal formatif serta tanggapan. Setiap konten diramu  dengan menggunakan minimal 3 komponen multimedia seperti (Teks, Suara, gambar) atau  (teks, suara, dan animasi)
4.      Pada GUI juga dilengkapi dengan Petunjuk Media/Garis-Garis besar Isi Media (GBIM). Untuk kategori MPP pada GBIM harus secara jelas menampilkan Topik/kompotensi dasar yang di MPP-kan, sumber buku yang dirujuk, dan pernyataan keterkaitan Kompetensi Dasar yang dirujuk. Pada halaman ini juga dilengkapi dengan  fasilitas Help (troubleshooting)
5.      Struktur file pada angka 2, 3 dan 4, dikonvert  ke bentuk file exe, lalu ditambah file ico dan autorun, di bakar(burn) dalam kepingan CD.
D.       Khusus SPM (Software Pembelajaran Mandiri)
1.      Bahan ajar yang dikembangkan dalam SPM adalah salah satu kompetensi Dasar yang ada pada bidang studi atau bidang keahlian pada program keahlian yang ada pada sekolah kejuruan  dan Perguruan Tinggi bersangkutan.
2.      Struktur karya SPM minimal dilengkapi dengan tampilan antar muka (GUI) dimana dalam tampilan antar muka ini terdapat Identitas Media, Judul, Kompetensi Dasar, Menu dan sub menu yang mengakses atau berhubungan dengan isi/materi yang disajikan.
3.      Setiap Isi/konten yang dipaparkan dalam media pembelajaran ini memuat tentang: Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Kompetensi (IK), Tujuan Pembelajaran (TP), Materi Utama, materi tambahan, latihan, rangkuman, soal formatif serta tanggapan. Setiap konten diramu  dengan menggunakan minimal 3 komponen multimedia seperti (Teks, Suara, gambar) atau  (teks, suara, dan animasi)
4.      Pada GUI juga dilengkapi dengan Petunjuk Media/Garis-Garis besar Isi Media (GBIM). Untuk kategori MPP pada GBIM harus secara jelas menampilkan Topik/kompotensi dasar yang di SPM-kan, sumber buku yang dirujuk, dan pernyataan keterkaitan Kompetensi Dasar yang dirujuk. Pada halaman ini juga dilengkapi dengan  fasilitas Help (troubleshooting)
5.      Karena SPM di dirancang untuk pembelaaran yang fleksibel (self learning) maka karya SPM harus dapat dijalankan dan dipelajari secara mandiri oleh siswa  oleh karena itu Struktur file pada angka 2, 3 dan 4, dikonvert  ke bentuk file exe, lalu ditambah file ico dan autorun, di bakar(burn) dalam kepingan CD.
 IV SISTEM LOMBA
·         Bagi peserta diijinkan untuk mengembangkan bentuk tampilan antar muka (GUI) sesuai inovasi dan kreatifitasnya, namun tanpa mengurangi elemen-elemen standar pada contoh yang disertakan dalam panduan ini. Begitupula pengembangan sub-sub menu tergantung pada kedalaman dan cakupan materi yang dikembangkan.
·         Peserta membawa medianya dalam bentuk CD  rangkap 3 saat pendaftran.
·         Penjurian Tahap I adalah penyeleksian karya yang layak untuk penjurian tahap II. Bagi peserta yang lolos penjurian tahap I akan melankutkan kepenjurian tahap II.
·         Karya dari masing-masing peserta sesuai tingkatan akan dilakukan penilaian secara statik dengan  melibatkan dewan juri ahli isi, ahli media dan ahli desain.
·         Selanjutnya setelah dewan juri melakukan penilaian instatik, akan dilanjutkan dengan penilaian indinamik (presentasi peserta dihadapan dewan juri) dengan durasi waktu 45 menit. Waktu presentasi dapat dilihat pada tahapan dan waktu lomba.
·         Pihak peserta diwajibkan membawa laptop untuk presentasi dan CD yang diprentasikan adalah CD hasil karya yang telah dikirim sebelumnya.
·         Aspek-aspek  yang dinilai adalah :
a.      Rekayasa Perangkat Lunak
1. Efektif dan efisien
2. Reliable (handal)
3. Maintainable (dapat dipelihara)
4. Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoprasiannya)
5. Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan
6. Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/ dijalankan di berbagai hadware dan software yang ada)
7. Pemakaian program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi.

b.      Aspek Desain Pembelajaran
1. Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis)
2. Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
3. Cakupan dan kedalaman materi pembelajaran
4. Interaktivitas
5. Pemberian motivasi relajar
6. Kontekstualitas dan actualitas
7. Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
8. Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran
9. Kedalaman materi
10. Kemudahan untuk dipahami
11. Sistematis, runut, alur logika jelas.


12. Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan.
13. Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
14. Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi.
15. Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi

c.       Aspek Komunikasi Visual
1.   Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran
2.   Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan
3.   Sederhana dan memikat
4.   Audio (narasi, sound effect, backsound, musik)
5.   Visual (layout design, typography, warna)
6.   Media bergerak (animasi, movie)
·                    Terhadap Karya yang sudah dikirim ke Panitia Lomba akan menjadi hak  panitia Lomba, peserta tidak diperkenankan untuk menarik kembali hasil karya yang telah dikirimkan
·                    Lain-lain hal yang belum tercamtum dalam acuan ini akan disampaikan secepatnya kepada peserta
·                    Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat


IV.             Fasilitas Peserta
v  Snack kotak
v  Nasi Kotak
v  Piagam
v  ID Card


V.                PEMENANG LOMBA
Juara I            :      Piagam Pemenang dan Piagam Peserta serta piala tetap .
Juara II          :      Piagam Pemenang dan Piagam Peserta serta piala tetap
Juara III         :      Piagam Pemenang dan Piagam Peserta serta piala tetap
Harapan I       :      Piagam pemenang dan Piagam peserta
Harapan II     :      Piagam pemenang dan Piagam peserta


FOLMULIR PENDAFTARAN
A.    IDENTITAS DIRI
Nama               :
NIM                :
Semester          :
Alamat                        :
No Hp             :

B.     INFORMASI KARYA

Kategori  Karya                        :     
          
Jenis Software Pendukung     : 1.
                                                  2.
                                                  3.
                                                  4.
                                                  5.
Mata Pelajaran /Bidang Studi :
Nomor Topik dan Uraian Topik          :
Sasaran Kelas/Semester                      :

                                                                        ………………………,………………………
                                                                        Peserta Lomba,




                                                                        (________________________)
 

0 komentar:

Posting Komentar